Senin, 27 September 2010

METODE RISET ( PERILAKU KONSUMEN )

TUGAS
JURNAL METODE RISET
TEMA : PERILAKU KONSUMEN
JUDUL : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN










Nama : Mira Rosita
Kelas : 3ea12
Npm : 10208807
Mata Kuliah : Metode Riset
Dosen : Prihantoro






KATA PENGANTAR
Berkat rahmat Allah swt, saya bisa menyelesaikan tugas METODE RISET tentang metode riset untuk ekonomi dan Analisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada dosen universitas gunadarma yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat memahami bagaimana cara membuat jurnal.
Mungkin masih banyak kekurangannya, oleh karena itu saya selalu menanti saran perbaikan dari para pembaca blog. Sekian dan terima kasih




















PENDAHULUAN
Metode Riset

kualitatif memegang peranan penting sekaligus potensi besar dalam studi
hubungan masyarakat serta komunikasi pemasaran. Sebab, riset kualitatif
memungkinkan periset untuk terlibat secara erat dengan partisipan
riset. Hal ini membantu periset untuk mendapatkan pemahaman yang lebih
baik tentang proses sosial, faktor-faktor yang memotivasi tindakan
manusia, serta konteks situasi yang melingkupinya. Kepedulian terhadap
hal-hal tersebut membantu studi hubungan masyarakat dan komunikasi
pemasaran. Salah satunya untuk mengenali sudut pandang subjektif,
terutama yang berlaku pada stakholders kunci, demi mengembangkan dialog
yang efektif dan kolaboratif.


Metode riset untuk bisnis & ekonomi
PENDAHULUAN
1. Hipotesis: Suatu penjelasan sementara tentang perilaku, fenomena, atau keadaan tertentu yang telah terjadi atau akan terjadi
2. Karakteristik hipotesis yang baik Konsisten dengan penelitian sebelumnya Penjelasan yang masuk akal Perkiraan yang tepat dan terukur Dapat diuji
3. Klasifikasi Hipotesis (1) A. Bagaimana hipotesis tersebut diperoleh (diturunkan)
• Induktif: menyusun generalisasi berdasarkan observasi
• Deduktif: menggunakan perluasan logika dari penemuan-penemuan yang telah ada, atau didasarkan pada hal-hal yang bersifat umum yang telah diterima kebenarannya
4. Etika Norma atau standar perilaku yang memandu pilihan moral mengenai hubungan kita dengan orang lain Etika penelitian ini berkaitan erat dengan hak-hak dari berbagai pihak seperti masyarakat, subjek, klien, dan peneliti
5. Hak masyarakat:
• memperoleh informasi hasil penelitian yang penting
• mengharap hasil penelitian yang objektif,
• kebebasan pribadi
6. Hak subjek penelitian:
• Semua subjek penelitian seharusnya mengetahui dan sadar bahwa ia mempunyai hak untuk tidak berpartisipasi dalam penelitian,
• Semua individu harus diberi informasi dan penjelasan yang cukup untuk menentukan apakah ia akan berpartisipasi ataukah tidak,
• Subjek penelitian tidak dapat dan tidak boleh dipaksa untuk berpartisipasi kepada penelitian.
7. Hak klien:
•Hak atas kerahasiaan
•Hak untuk mengharapkan penelitian yang berkualitas tinggi Hak peneliti:
•Hak untuk mengharap perilaku etis dari klien
•Hak untuk mengharap perilaku etis dari subjek penelitian
8. Kendala hukum Setiap penelitian tidak boleh bertentangan dengan hukum yang berlaku Tanggung jawab asisten penelitian Tanggung jawab asisten penelitian harus dijelaskan baik dengan lisan maupun tertulis
9. Beberapa perspektif yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan penelitian (1) 1. Jenis penelitian berkaitan dengan tingkatannya:
• Eksploratif: diprelukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai fenomena yang diteliti.
• Deskriptif: dilakukan agar peneliti dapat menggambarkan dengan lebih baik sifat-sifat yang diketahui keberadaannya yang relevean dengan variabel-variabel yang diteliti.
• Pengujian hipotesis: dilakukan agar peneliti dapat menjelaskan apabila manajer pemasaran ingin mengetahui penjualan akan meningkat jika ia melipatgandakan dana iklan
10. Beberapa perspektif yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan penelitian (2) 2. Metode pengumpulan data. Hal ini dilakukan untuk membedakan antar proses-proses pemantauan dan survei 3. Tujuan penelitian. Ada 3 tujuan penelitian:
• Studi kausal yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat
• Studi korelasional yang bertujuan untuk mengidentifikasikan adanya hubungan antara variabel yang diteliti
• Studi deskriptif yang bertujuan untuk mencari tahu tentang siapa, apa, dimana, bilamana dan berapa banyak
11. Beberapa perspektif yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan penelitian (4) 6. Ruang lingkup topik pembahasan. Ada dua, yaitu:
1. Studi statistik: berusaha mengetahui ciri-ciri populasi melalui penarikan kesimpulan secara inferensi berdasarkan ciri-ciri sampel.
2. Studi kasus: lebih menekankan pada analisis konteks secara penuh berdasarkan peristiwa atau kondisi yang lebih sedikit dan hubungannya antara satu dengan yang lain.
12. Berkaitan dengan subjek penelitian 9. Persepsi subjek. Persepsi subjek akan mempengaruhi hasil penelitian secara langsung maupun tidak
13. Jenis penelitian ada dua:
1. Eksploratif (exploratory research): jenis penelitian yang paling sesuai untuk situasi di mana tujuan penelitian bersifat umum
2. Konklusif (conclusive research): sesuai untuk situasi di mana tujuan penelitian sudah spesifik dan data yang dibutuhkan sudah jelas
14. Penelitian Eksploratif Dapat dilakukan dengan empat prosedur
•Teknik Informan Kunci (Key-informant Technique): dilakukan dengan cara mencari dan mewawancarai beberapa orang ahli atau informan kunci di bidang yang berhubungan dengan stuasi yang akan diteliti
•Focus Group Interview atau Focus Group Discussion: dilakukan dengan membuat forum diskusi yang biasanya terdiri dari 8 sampai 12 orang dan dimoderasi oleh seorang moderator yang sudah terlatih dengan baik.
•Analisis Data Sekunder (Secondary-data Analysis): mengumpulkan data dari data yang sudah ada atau sudah dipublikasikan.
•Metode Studi Kasus (Case Study Method): pengujian yang mendalam terhadap unit yang berkepentinga
15. Penelitian Konklusif (Conclusive Research) atau Confirmatory Research Penelitian yang bertujuan untuk menguji atau membuktikan sesuatu dan untuk membantu peneliti dalam memilih tndakan khusus selanjutnya Menurut tujuannya, dapat dibedakan menjadi dua: Deskriptif (Descriptive Study) dan Eksperimental (Experimental Study)
16. Skewness dan Perbandingan rata-rata dari median Ukuran Tendensi Sentral dan Variabilitas
17. Rangkuman deskripsi data menurut SPSS for Windows meliputi: (1)
1. N, yaitu jumlah observasi yang valid/ tersedia datanya (Valid), dan yang hilang atau datanya tidak lengkap (Missing)
2. Mean, rata-rata dari data kuantitatif, yang diperoleh dari penjumlahan seluruh ukuran (data) dibagi dengan jumlah ukuran
3. Median, nilai tengah yang diperoleh apabila ukuran disusun dari nilai terkecil ke nilai terbesar.
18. Bagian-bagian dari suatu laporan umumnya memiliki format sebagai berikut: (4) 7. Lampiran: berisikan bahan-bahan yang mendukung dan bermanfaat bagi pembaca
19. Proses penulisan secara singkat dapat digambarkan dalam gambar berikut:
20. Skema laporan memiliki dua fungsi utama: 1.Menunjukkan urutan penyajian laporan: ditunjukkan oleh urutan pada halaman 2.Menunjukkan bagaimana bagian-bagian yang ada saling terkait: ditunjukkan oleh indensitas (indentation) subbagian yang ada
21. Referensi memungkinkan pembaca untuk menyelidiki sumber yang sama untuk mereka gunakan, sehingga pembaca tanpa kesulitan mampu melacak sumber yang Anda gunakan di perpustakaan. Adanya referensi juga untuk menghindari tuduhan penjiplakan atau plagiarisme, dan juga membantu meningkatkan nilai akademik seperti pertukaran pengetahuan, dengan cara menunjukkan sumber yang ada kepada pembaca dan menghargai ilmu pengetahuan dengan mengakui pemikiran orang lain.

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AIR MINUM MINERAL
PENDAHULUAN
A. HIPOTESIS

1. Diduga faktor pribadi pembeli, faktor budaya, kelompok reference, faktor kelas sosial, faktor produk, factor harga, faktor promosi, faktor distribusi, faktor kondisi fisik merupakan faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk patung kayu pada toko kerajinan (art shop) di Kecamatan Sukawati Gianyar Bali.

2. Diduga faktor produk mempunyai pengaruh paling dominan dalam keputusan pembelian produk patung kayu pada toko kerajinan (art shop) di Kecamatan Sukawati Gianyar.


B. TEKNIK PENGUMPULAN DATA
1. Data primer meliputi tanggapan responden (wisatawan mancanegara) sehubungan dengan keputusan pembelian patung kayu pada toko kerajinan (art shop) di Kecamatan Sukawati Gianyar Bali.
2. Data sekunder misalnya laporan-laporan atau dokumen yang berasal dari instansi pemerintah, Biro Pusat Statistik, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata Bali dan instansi terkait lainnya.


C. POPULASI DAN SAMPEL
Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh wisatawan mancanegara yang berkunjung pada toko kerajinan (art shop) patung kayu di Kecamatan Sukawati Gianyar Bali. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental sampling. Karena jumlah variabel yang diteliti sebanyak 20 maka sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dianggap sudah mewakili.


D. VARIABEL PENELITIAN
Variasi keputusan pembelian konsumen (variabel dependen) dapat dijelaskan oleh ke 6 (enam) faktor sebagai variabel independen yaitu faktor 1 (faktor harga), faktor 2 (faktor promosi), faktor 3 (faktor referensi), faktor 4 (faktor produk), faktor 5 (faktor budaya), faktor 6 (faktor kondisi fisik). Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel (faktor) yang ada di luar model analisis diantaranya adalah perubahan selera konsumen yang ingin kembali menyatu dengan alam, peristiwa politik Indonesia yang kurang mendukung bagi kunjungan wisatawan mancanegara, kebijakan pemerintah, jumlah penduduk dan cuaca.


KESIMPULAN :
Dengan adanya referensi, maka menunjukkan bahwa tulisan yang disusun tidak seluruhnya merupakan gagasan sendiri, tetapi merupakan gagasan, informasi, dan bukti dari orang lain. Hal tersebut adalah kekuatan dan bukan kelemahan, karena bila memang orang lain telah melakukan penelitian atau memiliki pemikiran yang berharga, maka tidak perlu ragu untuk menjadikannya referensi.

Saran : Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk para pembaca bagaimana cara membuat jurnal
mohon maaf bila ada kekurangan dalam penulisan ini,.

referensi:
Enger, Jean E., Consumer Behavior (sixth Edition), Chicago: The Dry and Press, 1990.
Jefkins, Frank, Periklanan. Jakarta: Erlangga, 1997.
Kasali, Rhenald, Manajemen Periklanan. Jakarta: Grafiti, 1995.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates